Welcome

Welcome in My Blog

Senin, 05 Maret 2012

Profil Puskesmas Cigeureung

 
1.    Gambaran Umum Puskesmas Cigeureung  dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.
Puskesmas Cigeureung beralamatkan di Jalan Cigeureung no. 112 Kecamatan Cipedes. Kode Pos Puskesmas P3278080202 Kota Tasikmalaya, Telp. 0265-328527.
a.    Wilayah Kerja Puskesmas
1)   Keadaan Geografis
Secara geografis wilayah Puskesmas Cigeureung merupakan daratan rendah, ketinggian daerah adalah 195 meter diatas permukaan laut, diapit oleh dua sungai yaitu sungai Citandui dan sungai Ciloseh, dengan luas wilayah 527.054 Ha, terdiri dari :
a)    Tanah Pesawahan      : 292.054 Ha (51 %)
b)   Tanah Perladangan    : 51.593 Ha (9 %)
c)    Tanah Perumahan dan lainnya : 229.061 Ha (40 %)
Wilayah kerja Puskesmas Cigeureung terdiri dari 2 Kelurahan swasembada yaitu Kelurahan Nagarasari dan Kelurahan Sukamanah, telah dilalui kendaraan roda dua dan roda empat sepanjang 35 Km.
Batas wilayah kerja Puskesmas Cigeureung
a)      Sebelah Utara          : Kecamatan Indihiang dan sungai Citanduy yang berseberangan dengan Kecamatan Sindang kasih (Kabupaten Ciamis).
b)      Sebelah Barat           : Kelurahan Cipedes, Kecamatan Cipedes dan Kelurahan Parakannyasag, Kecamatan Indihiang.
c)      Sebelah Timur          : Kecamatan Cibeureum
d)     Sebelah Selatan        : Kelurahan Cipedes, Kecamatan Cipedes dan Kelurahan Lengkongsari, Kecamatan Tawang.
Wilayah kerja Puskesmas Cigeureung termasuk kedalam wilayah Kecamatan Cipedes kota Tasikmalaya dengan jarak ibukota Kecamatan ke pusat sejauh 7 Km.
2)   Keadaan Demografis
Jumlah penduduk Puskesmas Cigeureung tahun 2009 sebanyak 37.645 orang, terdiri dari laki-laki 18.901 orang dan perempuan sebanyak 18.744 orang.
3)   Transportasi dan Komunikasi
Sarana jalan di wilayah Puskesmas Cigeureung dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan roda empat. Sarana komunikasi dirasakan cukup memadai.
b.    Sumber Daya Manusia Puskesmas
1)   Tenaga
Jumlah Tenaga Kesehatan di Puskesmas Cigeureung tahun 2008 adalah sebagai berikut :
Tabel 3.1
 Jumlah Tenaga Kesehatan

No
Jenis Ketenagaan
Status Kepegawaian
PNS
PTT
1
Dokter
A.    Umum    
B.     Gigi

2
1

-
-
2
Sarjana Kesehatan Masyarakat
-

-
3
Paramedis Keperawatan
A.    D III Keperawatan
B.     SPK
C.     D III Kebidanan
D.    D I Kebidanan
E.     D III Kep. Gigi
F.      SPRG

6
5
4
1
1
1

-
-
3
-
-
-
4
Paramedis Non Keperawatan

2

-
5
Pembantu Paramedis
-
-
6
Non Paramedis (TU)
1
-
Tenaga Non Kesehatan yang terdapat di Puskesmas Cigeureung adalah :
Tabel 3.2
Jumlah Tenaga Non Kesehatan
No
Jenis Ketenagaan
Jumlah
1
Dukun Bayi Terlatih
4
2
Kader Kesehatan
159
2)   Sarana Prasarana
a)    Sarana Puskesmas yaitu :
Puskesmas Induk                  : 1 Buah
Puskesmas Pembantu            : 1 Buah
b)   Sarana/fasilitas kesehatan lain
Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat telah dikembangkan suatu pendekatan di tingkat  Kelurahan melalui Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat yang di bina oleh Puskesmas, adapun jumlah Posyandu di wilayah Puskesmas Cigeureung sebanyak 40 buah.
c.    Visi, Misi, Tujuan dan Kebijakan Mutu Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya.
1)   Visi Puskesmas
               
Terwujudnya UPTD Puskesmas Cigeureung yang “BERSAHABAT” (Bersih, Sehat, Harmonis dan Berkualitas) menuju Tasikmalaya Sehat 2013.
a)    Bersih            : Memiliki lingkungan Puskesmas yang bersih secara fisik maupun managemen sebagai modal memotivasi masyarakat untuk hidup bersih.
b)   Sehat             : Sehat jasmani dan rohani dalam diri petugas sebagai dasar menuju kinerja yang optimal dan terpadu untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan prima.
c)    Harmonis       : Terciptanya suasana kerja intern Puskesmas dan hubungannya dengan instansi terkait yang harmonis dan saling menunjang.
d)   Berkualitas    : Meningkatkan kemampuan dan pemberdayaan sumber daya manusia secara efektif untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas meliputi usaha Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petugas kesehatan.
2)   Misi Puskesmas
Misi dari Puskesmas Cigeurueng terdiri dari :
a)    Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara profesional
b)   Meningkatkan kemampuan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat.
c)    Meningkatkan kemitraan internal dan eksternal dalam mengembangkan perilaku hidup sehat.
3)   Kebijakan
a)    Peningkatan manajemen puskesmas
b)   Peningkatan sumber daya kesehatan
c)    Peningkatan upaya kesehatan
d)   Peningkatan perilaku, kemandirian masyarakat dam kemitraan swasta.
e)    Peningkatan perlindungan kesehatan masyarakat terhadap penggunaan sediaan farmasi makanan dan alat kesehatan yang tidak absah/ilegal
f)    Pemantapan kerjasama lintas sektoral.
4)   Strategi             
a)    Profesionalisme
b)   Peningkatan standar mutu pelayanan
c)    Standarisasi alat kesehatan
d)   Pembangunan kesehatan berbasis masyarakat.

Terwujudnya UPTD Puskesmas Cigeureung yang “BERSAHABAT” (Bersih, Sehat, Harmonis dan Berkualitas) menuju Tasikmalaya Sehat 2013.
a)    Bersih            : Memiliki lingkungan Puskesmas yang bersih secara fisik maupun managemen sebagai modal memotivasi masyarakat untuk hidup bersih.
b)   Sehat             : Sehat jasmani dan rohani dalam diri petugas sebagai dasar menuju kinerja yang optimal dan terpadu untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan prima.
c)    Harmonis       : Terciptanya suasana kerja intern Puskesmas dan hubungannya dengan instansi terkait yang harmonis dan saling menunjang.
d)   Berkualitas    : Meningkatkan kemampuan dan pemberdayaan sumber daya manusia secara efektif untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas meliputi usaha Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petugas kesehatan.
2)   Misi Puskesmas
Misi dari Puskesmas Cigeurueng terdiri dari :
a)    Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara profesional
b)   Meningkatkan kemampuan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat.
c)    Meningkatkan kemitraan internal dan eksternal dalam mengembangkan perilaku hidup sehat.
3)   Kebijakan
a)    Peningkatan manajemen puskesmas
b)   Peningkatan sumber daya kesehatan
c)    Peningkatan upaya kesehatan
d)   Peningkatan perilaku, kemandirian masyarakat dam kemitraan swasta.
e)    Peningkatan perlindungan kesehatan masyarakat terhadap penggunaan sediaan farmasi makanan dan alat kesehatan yang tidak absah/ilegal
f)    Pemantapan kerjasama lintas sektoral.
4)   Strategi             
a)    Profesionalisme
b)   Peningkatan standar mutu pelayanan
c)    Standarisasi alat kesehatan
d)   Pembangunan kesehatan berbasis masyarakat.
Terwujudnya UPTD Puskesmas Cigeureung yang “BERSAHABAT” (Bersih, Sehat, Harmonis dan Berkualitas) menuju Tasikmalaya Sehat 2013.
a)    Bersih            : Memiliki lingkungan Puskesmas yang bersih secara fisik maupun managemen sebagai modal memotivasi masyarakat untuk hidup bersih.
b)   Sehat             : Sehat jasmani dan rohani dalam diri petugas sebagai dasar menuju kinerja yang optimal dan terpadu untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan prima.
c)    Harmonis       : Terciptanya suasana kerja intern Puskesmas dan hubungannya dengan instansi terkait yang harmonis dan saling menunjang.
d)   Berkualitas    : Meningkatkan kemampuan dan pemberdayaan sumber daya manusia secara efektif untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas meliputi usaha Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petugas kesehatan.
2)   Misi Puskesmas
Misi dari Puskesmas Cigeurueng terdiri dari :
a)    Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan secara profesional
b)   Meningkatkan kemampuan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat.
c)    Meningkatkan kemitraan internal dan eksternal dalam mengembangkan perilaku hidup sehat.
3)   Kebijakan
a)    Peningkatan manajemen puskesmas
b)   Peningkatan sumber daya kesehatan
c)    Peningkatan upaya kesehatan
d)   Peningkatan perilaku, kemandirian masyarakat dam kemitraan swasta.
e)    Peningkatan perlindungan kesehatan masyarakat terhadap penggunaan sediaan farmasi makanan dan alat kesehatan yang tidak absah/ilegal
f)    Pemantapan kerjasama lintas sektoral.
4)   Strategi             
a)    Profesionalisme
b)   Peningkatan standar mutu pelayanan
c)    Standarisasi alat kesehatan
d)   Pembangunan kesehatan berbasis masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar